RANCANGAN SINTAK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (DISCOVERYLEARNING ) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

RANCANGAN SINTAK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (DISCOVERYLEARNING )

DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Satuan Pendidikan      : SMA/MA

Kelas                           : XII (duabelas)

Kompetensi Inti          :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENDEKATAN SAINTIFIK KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA
1 1.1   Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban.
2.1    Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial.

2.2   Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya

3.1   Menganalisis perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat

4.1   Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya

§  Mendeskripsikan pengertian perubahan sosial

§  Mengidentifikasi faktor pendorong dan faktor penghambat perubahan sosial

§  Menganalisis penyebab internal perubahan sosial

§  Menganalisis penyabab eksternal perubahan sosial

§  Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial

§  Menjelaskan pola-pola perubahan sosial

§  Menganalisis dampak negatif perubahan sosial

§  Menganalisis dampak positif perubahan sosial

Mengamati

Menanya

Mengumpulkan Informasi

Mengasosiasi atau Menganalisis

Mengkomunikasikan

·   Guru memutarkan film pendek tentang perubahan sosial

·   Guru minta kepada siswa untuk mencatat hal-hal yang menarik dari film yang diputarkan

·   Setelah melihat tayangan film pendek guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk melakukan pengamatan terhadap   perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar untuk menumbuhkan sikap religiositas dan tanggungjawab etika sosial dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik

·   Guru memfasilitasi dan membimbing siswa mengkaji konsep perubahan sosial berkaitan dengan pengertian, penyebab dan dampaknya, baik positif maupun negatif melalui berbagai contoh yang ada di masyarakat serta membandingkannya dengan pendapat para pengamat dan ahli

·  Guru memfasilitasi dan membimbing siswa berdiskusi untuk mendikusikan rumusan pertanyaan berkaitan dengan penyebab internal dan eksternal perubahan sosial, faktor pendorong dan faktor penghambat perubahan sosial, bentuk-bentuk perubahan sosial, pola-pola perubahan sosial, dan dampak positif maupun negatif perubahan sosial

·  Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi dengan cara melakukan observasi dan wawancara kepada masyarakat di lingkungan sekolah

·  Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk membuat catatan-catatan lapangan dari hasil observasi terhadap masyarakat di lingkungan sekolah

·  Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk melakukan pengolahan data dari hasil pengamatan dan wawancara terhadap masyarakat di lingkungan sekitar sekolah

·  Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk melakukan analisis data yang telah diolah

·  Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk menyusun laporan secara tertulis

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa mempresentasikan laporan penelitian di depan kelas

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan

·   Siswa melakukan pengamatan terhadap film yang sedang diputar

·   Siswa mencatat hal-hal yang menarik yang membutuhkan rasa ingin tahu

·   Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan terhadap   perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar untuk menumbuhkan sikap religiositas dan tanggungjawab etika sosial dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik

·   Siswa secara berkelompok mengkaji konsep perubahan sosial berkaitan dengan pengertian, penyebab dan dampaknya, baik positif maupun negatif melalui berbagai contoh yang ada di masyarakat serta membandingkannya dengan pendapat para pengamat dan ahli

·       Siswa secara berkelompok mendikusikan rumusan pertanyaan berkaitan dengan penyebab internal dan eksternal perubahan sosial, faktor pendorong dan faktor penghambat perubahan sosial, bentuk-bentuk perubahan sosial, pola-pola perubahan sosial, dan dampak positif maupun negatif perubahan sosial

·       Siswa secara berkelompok mengumpulkan informasi dengan cara melakukan observasi dan wawancara kepada masyarakat di lingkungan sekolah

·       Siswa secara berkelompok membuat catatan-catatan lapangan dari hasil observasi terhadap masyarakat di lingkungan sekolah

·       Siswa secara berkelompok melakukan pengolahan data dari hasil pengamatan dan wawancara terhadap masyarakat di lingkungan sekitar sekolah

·       Siswa secara berkelompok melakukan analisis data yang telah diolah

·       Siswa secara berkelompok menyusun laporan secara tertulis

·       Siswa secara berkelmpok mempresentasikan hasil penelitian di depan kelas

·       Siswa melakukan tanya jawab untuk mendiskusikan hasil penelitian yang sedang dipresentasikan

CONTOH RANCANGAN SINTAK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )

DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Satuan Pendidikan      : SMA/MA

Kelas                           : XII (duabelas)

Kompetensi Inti          :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENDEKATAN SAINTIFIK KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA
1 1.1   Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban.
2.1    Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial.

2.2   Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya

3.2    Mendeskripsikan berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

4.2   Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

§  Mengidentifikasi permasaahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

§  Menganalisis penyebab permasaahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

§  Menganalisis dampak negatif permasaahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

§  Mengajukan solusi pemecahan terhadap permasaahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

Mengamati

Menanya

Mengumpulkan Informasi

Mengasosiasi atau Menganalisis

Mengkomunikasikan

·       Guru menjelasakan tujuan pembelajaran

·       Guru menjelaskan logistik yang diperlukan

·       Guru mengajukan permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa

·       Guru memotivasi siswa terlibat pada aktivitas pemecahan masalah

·       Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi di perpustakaan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa melakukan pengolahan informasi yang telah dikumpulkan di perpustakaan

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan di perpustakaan

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa menyusun laporan

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk mempresentasikan laporan

·       Siswa secara berkelompok mendiskusikan rencana kerja untuk mencari penjelasan dan pemecahan terhadap masalah yang diajukan oleh guru

·       Siswa secara berkelompok mendiskusikan permasalahan yang diajukan oleh guru

·       Siswa secara berkelompok mencari informasi di perpustakaan untuk mencari penjelasan dan pemecahan terhadap masalah yang diajukan guru

·       Siswa secara berkelompok melakukan pengolahan informasi

·       Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk menganalisis masalah yang diajukan oleh guru

·       Siswa secara berkelompok merumuskan solusi pemecahan masalah yang diajukan oleh guru

·       Siswa secara berkelompok menyusun secara tertulis laporan tentang soslusi pemecahan masalah

·       Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil pemecahan masalah yang telah dihasilkan

CONTOH RANCANGAN SINTAK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING )

DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Satuan Pendidikan      : SMA/MA

Kelas                           : XII (duabelas)

Kompetensi Inti          :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENDEKATAN SAINTIFIK KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA
1 1.1   Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban.
2.1    Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial.

2.2   Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya

3.4 Menerapkan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi

4.4 Merancang, melaksanakan dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi

§  Mengidentikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat lokal

§  Mengidentifikasi potensi-potensi yang dimiliki oleh masyarakat lokal

§  Mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal

§  Merancang kegiatan pemberdayaan masyarakat

§  Melaksanakan pemberdayaan masyakarakat lokal

§  Melaporkan hasil pemberdayaan masyarakat lokal

Mengamati

Menanya

Mengumpulkan informasi

Mengasosiasi atau menganalisis

Mengkomunikasikan

·       Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk melakukan pengamatan terhadap kondisi kemiskinan masyarakat lokal di lingkungan sekitar sekolah

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk menganalisis kondisi kemiskinan, nilai-nilai kearifan lokal, potensi-potensi yang dimiliki, dan bentuk-bentuk pemberdayaan yang akan dilakukan

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi awal untuk menganalisis kondisi kemiskinan, nilai-nilai-nilai kearifan lokal, dan potensi-potensi yang dimiliknya

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk merancang proyek pemberdayaan masyarakat lokal

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk melaksanakan pemberdayaan di masyarakat lokal

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk melakukan analisis terhadap pelaksanaan dan hasil pemberdayaan terhadap masyarakat lokal

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk menyusun laporan kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal

Guru memfasilitasi dan membimbing siswa mempresentasikan laporan kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal

Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan terhadap kondisi kemiskinan masyarakat lokal di lingkungan sekitar sekolah

Siswa secara berkelompok merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk menganalisis kondisi kemiskinan, nilai-nilai kearifan lokal, potensi-potensi yang dimiliki, dan bentuk-bentuk pemberdayaan yang akan dilakukan

Siswa secara berkelompok mengumpulkan informasi awal untuk menganalisis kondisi kemiskinan, nilai-nilai-nilai kearifan lokal, dan potensi-potensi yang dimiliknya

Siswa secara berkelompok merancang proyek pemberdayaan masyarakat lokal

Siswa secara berkelompok melaksanakan pemberdayaan di masyarakat lokal

Siswa secara berkelompok melakukan analisis terhadap pelaksanaan dan hasil pemberdayaan terhadap masyarakat lokal

Siswa secara berkelompok menyusun laporan kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal

Siswa secara berkelompok mempresentasikan laporan kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal

Leave a comment